Lingkungan kerja Adobe Indesign

Ini adalah postingan paling dasar di dalam blog ini, di mana saya akan membahas tentang fasilitas dan tool-tool yang terdapat di Adobe Indesign. Oh ya! sebelumnya saya katakan, dalam panduan kali ini, saya menggunakan Adobe Indesign CS5 sebagai patokan, untuk anda yang memakai indesign CS-Cs lainnya pada dasarnya sama (silahkan menyesuaikan)

Dalam Indesign, setidaknya ada 5 lingkungan kerja pokok, yaitu :

1. Lembar Kerja (kotak warna hitam)
2. Tool Box (kotak warna biru)
3. Toolbar (kotak warna hijau)
4. Menu Bar (kotak warna merah)
5. Panel Bar (kotak warna kuning)

http://4.bp.blogspot.com/-NoANorRHtCs/TyqUf4gQTBI/AAAAAAAAGLM/ma_jRwz-YfQ/s1600/gambar.jpg

Mari kita bahas satu per satu per satu

1. Lembar kerja
Pada lembar inilah kita membuat berbagai design dengan indesign. dalam lembar kerja ini, halaman yang dapat dicetak adalah halaman yang berada di dalam kotak. Ruangan kosong (yang berada di kotak) hanya digunakan sebagai media bantu.

2. Toolbox
Toolbox adalah lingkungan kerja indesign yang berisi alat-alat bantu yang digunakan dalam indesign. diantaranya adalah move tool, polygon tool, gradien tool, dan sebangsanya. Pokoknya sebagian besar hampir sama dengan tool-tool yang ada di dalam Photoshop.

3. Toolbar
Toolbar adalah bagian dari lingkunagn kerja yang aktif sesuai pengaturan atau tool yang sedang digunakan. Toolbar ini berisi berbagai pengaturan yang mengizinkan anda untuk menentukan nilai pada kotak isian atau menggunakan tombol drop down.

4. Menu Bar
Menu bar adalah bagian dari lingkunag kerja yang berisi menu-menu pengaturan. Setiap menu mempunyai sub menu yang masing-masing mempunyai fungsi tersendiri. Manu yang ada di indesign antara lain adalah File, Edit, Layout, Type, Object, Table, View, Windows, dan Help

5. Panel Bar
Panel bar terletak di sebelah kanan jendela aplikasi, panel ini berisi fasilitas dan pengaturan fungsi yang berbeda.

Share tutorial ini:


0 Komentar: