Membuat penomoran halaman pada Indesign

Salah satu hal penting yang perlu untuk diperhatikan dalam pengolahan di adobe indesign adalah penomoran, terlebih jika itu menyangkut desain layout buku, majalah, atau koran. Tentu diperlukan yang namanya penomoran halaman.

Nah, pada adobe indesign, pada dasarnya penomoran halaman sudah otomatis, alias setiap halaman sudah punya nomor urutan halaman masing-masing. Silahkan lihat gambar di bawah ini.



Nah, lalu bagaimana caranya membuat atau memunculkan nomor halaman di lembar kerja indesign? berikut ini adalah caranya.

1. Silahkan masuk ke pages, kemudian klik pada Master (bisa master A, master B, atau master C, terserah anda master mana yang mau diberi nomor halaman). Halaman master ini mengatur semua halaman indesign, dimana halaman master bagian kiri mengatur halaman genap (2,4,6,8,...dst), sedangkan master bagian kanan mengatur halaman ganjil (1,3,5,7,...dst).



2. Pada Halaman master, silahkan buat layer text, tuliskan kata terserah, kemudian blok tulisan tersebut, lalu tekan ctrl+alt+shift+N, maka otomatis layer text tadi akan berubah menjadi huruf A (bila di master B, maka akan berubah menjadi huruf B, dan seterusnya).



3. Letakkan layer text tadi pada posisi dimana anda ingin meletakkan nomor halaman. Biasanya di posisi bawah. Copy layer text tadi dan paste-kan juga di master sebelah kanan dengan posisi yang sama.



4. Jika sudah, silahkan klik pada pages biasa, maka otomatis, penomoran akan muncul pada semua lembar pages. Untuk mengganti warna text halaman, ukuran, jenis font, bisa diatur kembali pada master pages yang tadi sudah anda buat.



Nah, sampai disini, anda sudah berhasil membuat penomoran halaman pada Indesign. kalau masih ada yang ndak mudeng, silahkan hubungi saya di kontak.

Oke, lanjut ke bahasan berikutnya. tutorial ini akan membahas tentang pertanyaan yang diajukan oleh mas Je Suryana, tentang cara membuat penomoran dengan jenis nomor berbeda. Maksudnya bukan dengan angka, melainkan dengan abjad, atau huruf Romawi. Ada kan buku yang pada halaman pembuka menggunakan penomoran angka romawi, sedangkan halaman inti menggunakan angka biasa.

Nah, bagaimanakah cara membuatnya?

Pada dasarnya, cara yang digunakan sama persis dengan cara di atas, hanya saja perlu sedikit pengaturan.

Nah, pada bahasan kali ini, saya menggunakan contoh 10 halaman, dimana halaman 1 sampai 4 saya akan menggunakan penomoran romawi (I, II, III, IV), sedangkan 6 halaman berikutnya saya menggunakan penomoran angka latin biasa (1,2,3,4,5,6).

Caranya adalah, silahkan klik halaman 1 pada menu pages. setelah itu, klik kanan, dan pilih Numbering & Section option



Pada pilihan start page numbering at, isikan 1. Kemudian pada style, silahkan pilih sesuai keinginan anda, tapi karena dalam contoh ini, kita ingin membuat angka romawi, maka silahkan pilih style angka romawi (I, II, III, IV, dst). Jika sudah, klik Ok



Maka semua halaman akan mempunyai penomoran halaman dalam bentuk angka romawi.

Nah, setelah itu, kita lakukan lagi langkah berikutnya, kali ini yang di klik adalah halaman 5 (Karena kita menggunakan angka romawi hanya sampai halaman 4). Caranya sama seperti langkah berikutnya, yaitu klik kanan, kemudian pilih Numbering & Section option. start page numbering at tetap diisi dengan 1, Namun kali ini, kita ubah style-nya, yaitu menggunakan angka latin biasa.



Nah, maka jadilah halaman 5 keatas menjadi halaman dengan penomoran angka latin biasa.



Oke, sampai disini dulu tutorial Indesign kali ini. Kalau masih ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan pada saya lewat Form Kontak. Sampai jumpa di tutorial berikutnya.

Share artikel ini:

1 Komentar:

bagaimna jika membuat page tanpa nomer tapi nomer tetap berurutan :
sample
- diantara nomer 5 dan 6 page tanpa nomer, tp nomer halaman tetap beurutan
1, 2, 3, 4, 5, page kosong, 6, 7 dst