Cara membuat Footnotes (Catatan Kaki) di Indesign

Dalam proses pembuatan layout buku, biasanya kita sering memberikan yang namanya Footnotes atau catatan kaki. Footnotes atau Catatan kaki ini adalah daftar keterangan khusus yang ditulis di bagian bawah setiap lembaran atau akhir bab karangan ilmiah. Catatan kaki biasa digunakan untuk memberikan keterangan dan komentar, menjelaskan sumber kutipan atau sebagai pedoman penyusunan daftar bacaan.

Nah, kalau di Indesign, bagaimanakah cara membuatnya? mari kita bahas.

Sebagai contoh, berikut ini saya ambilkan text dari internet yang akan saya gunakan sebagai contoh naskah.



Dari contoh naskah di atas, yang ingin saya tambahkan catatan kaki-nya adalah kata nyengkuyung (bahasa jawa, artinya ikut serta). Kata nyengkuyung ini dalam text di atas saya tulis miring (italic)

Nah, untuk memberikan catatan kaki atau footnotes, silahkan arahkan kursor di akhir kata nyengkuyung (persis setelah huruf g). Kalau sudah, silahkan pilih Type > Insert Footnotes.



Maka setelah itu, otomatis akan muncul Reference number (nomor keterangan) setelah kata nyengkuyung yang disertai dengan Footnote text (keterangan) di bawah layer text. Silahkan isi Footnote text dengan keterangan yang diinginkan. Misal dalam contoh tadi, Footnote text saya isi dengan "ikut serta" (yang merupakan arti dari kata nyengkuyung tadi).





Jadi deh footnotes-nya, gampang kan?

Oke, tapi mungkin barangkali ada yang kurang sreg dengan footnotes pada cntoh di atas, soalnya jarak antara footnotes dengan text utama terlalu rapat. Lalu, bagaimanakah cara mengatasinya?

Caranya, silahkan pilih Type > Document Footnote options, lalu akan muncul pilihan Document Footnote options, silahkan klik pada tab layout, kemudian pada pilihan Minimum Space Before First Footnote, silahkan isi sesuai keinginan. semakin besar nilainya, semakin renggang jarak anatara footnote dengan text utama.





Oke, sudah jelas kan? sudah bisa kan membuat footnote.. Sampai jumpa di tutorial indesign berikutnya ya mas mbak.

Agus Mulyadi, @agusmagelangan

Share tutorial ini:


0 Komentar: