Mengatasi tampilan gambar yang pecah di Indesign

Kalau anda menggunakan indesign dan anda ingin memasukan gambar ke dalam lembar kerja (Place), maka begitu gambar masuk ke halaman indesign, pasti kualitas gambarnya akan langsung pecah, padahal sebelum di place di Indesign, kualitasnya bagus.

Apakah penyebab akan hal ini? apakah gambar yang dimasukan ke dalam indesign kualitasnya berkurang?

Tidak, tidak. Setiap gambar yang diplace di indesign sama sekali tidak berkurang kualitasnya. Resolusinya akan tetap seperti sedia kala. Lantas, mengapa tampilan di halaman indesign-nya pecah?

Hal itu karena setiap gambar yang di place di Indesign, mode tampilannya adalah default, yaitu Typical Display, dimana gambar memang ditampilkan dengan resolusi rendah. Hal ini dimaksudkan untuk meringankan kinerja indesign.

Di Indesign sendiri, ada 3 mode tampilan gambar, yaitu Fast Display, Typical Display, dan High Quality Display.

Fast Display : Semua tampilan gambar hanya ditampilkan sebagai obyek polos berwarna abu-abu, sehingga tak bisa terlihat gambarnya, biasanya mode ini hanya dipergunakan untuk presentasi tata letak.

Typical Display : Merupakan tampilan default. Gambar ditampilkan dengan resolusi rendah, sehingga tampilannya menjadi pecah.

High Quality Display : Tampilan Resolusi tinggi, gambar ditampilkan dengan resolusi sesuai resolusi gambar aslinya, tanpa dikurangi.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat keterangan gambar berikut ini.



Agar tampilan gambar di indesign tidak pecah, anda harus mengubah mode tampilan default dari Typical Display ke High Quality Display.

Caranya, silahkan pilih View > Display Performance > High Quality Display.



Tapi perlu diingat, jika anda memilih menggunakan mode High Quality Display, maka performa indesign akan berat, dan mungkin akan menjadi lemot. Jadi, Silahkan gunakan tampilan High Quality Display hanya pada saat tertentu saja. Kalau memang tidak terlalu diperlukan, lebih baik tetap gunakan mode Typical Display.

Share tutorial ini:


0 Komentar: